Pisang Karamel Filipina

6:50:00 AM

PISANG KARAMEL FILIPINA

Inspirasi resep ini saya dapatkan dari sebuah buku resep masakan Filipina. Saya yakin di Indonesia ada yang menjual pisang dengan cara diolah seperti ini. Selain enak untuk suguhan dirumah, pisang karamel ini juga cocok untuk dijual. Baca dengan seksama dulu tips cara membuat karamel, terutama bagi anda yang pemula. Sepertinya panjang dan ribet, tetapi sebenarnya amat sangat mudah dan sekali menguasainya, anda akan selalu ingin membuat resep-resep yang menggunakan karamel. 


Tips cara membuat karamel:

1. Bagi pemula lebih mudah untuk menggunakan wajan yang bukan anti lengket (warna stainless steel) supaya pada saat gula berubah menjadi karamel akan terlihat jelas. Wajan anti lengket gampang dibersihkannya, karena karamel tidak menempel, tetapi memang agak susah melihat perubahan warna karena dasarnya hitam. Kalau sudah berpengalaman, boleh menggunakan wajan dengan lapisan teflon, yang pasti gunakan wajan yang memiliki dasar tebal, agar gula tidak cepat gosong. 
2. Jangan sekali-kali mengaduk gula yang sedang dimasak menjadi karamel. Mengaduknya hanya akan mengakibatkan gula menempel pada sendok. Diamkan saja, kalau perlu hanya goyang-goyangkan wajan. 
3. Kalau ada gula yang menempel di pinggiran wajan gunakan kuas (pastikan kuas yang tahan panas dan bukan plastik yang mudah meleleh) yang dibasahi untuk membersihkan pinggiran wajan. 
4. Membuat karamel selalu harus ditunggu dan diperhatikan, jangan ditinggal, karena gula yang mulai berubah warna menjadi emas kecoklatan akan sangat cepat menjadi gelap sehingga karamel pahit dan tidak dapat digunakan. 
5. Selalu gunakan api sedang saat membuat karamel, jangan pakai api besar karena mau buru-buru selesai. Dan jangan lupa mengecilkan api pada saat gula mulai berubah warna. 
6. Hati-hati dalam pengolahannya, gula yang dimasak menjadi karamel amat sangat panas! Tumpahan karamel yang mengenai tubuh akan dapat membakar kulit dengan parah. Jangan sekali-kali membiarkan anak-anak yang masih kecil untuk membantu membuat karamel. 
7. Bekerjalah dengan cepat karena karamel sangat mudah menjadi keras. Kalau sampai terjadi, lelehkan lagi dengan api sangat kecil. 

Bahan:

- 125 gram gula pasir
- 1 sdm air
- 2 sdm margarin
- 2 sdm gula palem
- 6 buah pisang (pilih pisang ambon, barangan, atau sereh)
- Kacang-kacangan sesuai selera, cincang kasar
- Tusuk satai (boleh tusukan satai ayam atau kambing yang lebih tebal)

Cara membuat:

1. Dalam wajan (pilih wajan dengan dasar tebal dan anti lengket) taruh gula pasir dan air, dan masak diatas api sedang, biarkan hingga gula meleleh dan mulai menjadi kecoklatan. (Baca tips penting diatas resep ini tentang cara mengolah karamel). 
2. Bila larutan gula mulai berubah warna menjadi emas kecoklatan, kecilkan api, tambahkan margarin, aduk hingga margarin meleleh, masukkan gula palem, aduk lagi. 
3. Masukkan pisang yang telah dikupas dan utuh-utuh, masukkan dalam wajan, lapisi seluruh permukaan dengan karamel. 
4. Lapisi dengan kacang yang telah dicincang. Kemudian tusuk dengan 2 tusuk satai (kalau pakai tusuk satai ayam dan 1 buah kalau pakai tusuk satai yang lebih tebal). 

Enjoy your cooking with your loved one

Sumber buku: Bara pattiradjawane, 99 resep dari dapur saya

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Please supportnya dengan menyawer saya seikhlasnya di Saweria buat bayar iuran Tapera🙏

https://saweria.co/IwanP